Sebagai orang tua pernahkah Anda mendapati adanya kotoran berlebih pada sudut mata sang buah hati? Pada umumnya masyarakat sering mengatakan kondisi ini dengan istilah belekan. Belekan yang terjadi pada bayi dapat disebabkan karena beberapa faktor. Lantas apa saja sih yang menjadi penyebab mata bayi belekan yang perlu diperhatikan untuk menghindarinya?

  1. Alergi

Salah satu faktor utama yang menyebabkan mata bayi belekan adalah alergi. Namun pada umumya belekan yang terjadi karena faktor yang satu ini juga disertai dengan gejala lainnya seperti bersin-bersin dan hidung melar. Untuk mengatasi masalah yang satu ini Anda bisa membersihkan kotoran tersebut menggunakan lap bersih.

Jika belekan yang terjadi pada sang buah hati disebabkan karena faktor alergi. Pada umumnya masalah ini akan mereda dalam waktu singkat. Namun jika terjadi dalam jangka waktu yang lama dan disertai demam, pastikan untuk segera kunjungi dokter agar mendapatkan perawatan yang lebih lanjut.

  1. Infeksi Sinus

Jika mata belekan yang terjadi pada sang buah hati disertai dengan pilek dan keluarnya kotoran pada mata berwarna kehijauan, maka dapat dipastikan bahwa kemungkinan besar si kecil mengalami infeksi sinus. Pada umumnya mata belekan pada bayi karena infeksi sinus juga disertai dengan beberapa gejala lainnya seperti hidung tersumbat, demam, hingga nyeri pada bawah mata.

  1. Konjungtivitas Karena Bakteri

Keluarnya kotoran pada mata snag buah hati juga bisa menjadi pertanda bahwa mata si kecil bakteri atau yang lebih dikenal dengan konjungtivitas. Pada umumnya masalah yang satu ini juga disertai dengan berbagai gejala lainnya seperti mata bengkak dan kemerahan hingga kotoran yang keluar dari mata si kecil berwarna kehijauan atau kekuningan.

Jika si kecil mengalami gejala yang satu ini, pastikan Anda membersihkan bagian mata snag buah hati dengan menggunakan perban steril yang digunakan sekali pakai untuk menghindari terjadinya penularan infeksi. Pasalnya infeksi yang terjadi pada satu mata juga dapat menyebar ke mata yang lainnya.

  1. Konjungtivitas Karena Virus

Pertanda bahwa bagian mata mengalami infeksi yang disebabkan karena virus biasanya ditandai dengan adanya kotoran berwarna putih jernih yang terjadi pada satu mata dan dapat menyebar ke mata yang lainnya. Pada umumnya gejala yang satu ini juga disertai dengan masalah pernafasan atas. Penanganan yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan mata si kecil secara rutin.

  1. Sumbatan Saluran Air Mata

Salah satu penyebab yang paling umum dan bukan merupakan gejala yang berbahaya adalah sumbatan saluran air mata. Masalah yang satu ini memang kerap terjadi pada bayi yang baru lahir karena saluran air mata si kecil belum berkembang secara sempurna. Penangan yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan pijatan lembut pada area mata si kecil.